Beranda > ngecuprus > Selamat Datang Pemimpin Baru…

Selamat Datang Pemimpin Baru…

eep-ojang


Pemilihan Kepala Daerah Subang, Jawa Barat sudah usai. Kedua pasangan calon Bupati dan wakil bupati terpilih, Eep Hidayat-Ojang Sohandi, pada Jum’at (19/12) menjalani tahapan awal sebagai pemimpin bagi 1,5 juta rakyat Subang lima tahun ke depan. Keduanya dilantik dan dikukuhkan sebagai pasangan Kepala Daerah periode 2008-2013.

Sejumlah aksi massa, baik yang pro maupun kontra kerap mewarnai menjelang pelantikan bupati-wakil bupati yang diusung PDIP ini. Satu kelompok  mendesak Eep-Ojang segera dilantik. Kelompok lainnya meminta pelantikan keduanya ditunda bahkan dibatalkan.

Massa pro beralasan dari sudut pandang yuridis Eep-Ojang adalah pemenang dalam Pilkada secara langsung. Sementara alasan massa kontra, Eep Hidayat ditetapkan sebagai tersangka di Kejari Subang dan Polwil Purwakarta dalam dua kasus dugaan tipikor sekaligus. Mereka beranggapan, seorang koruptor tidak pantas menjadi pemimpin.

Tentu saja, jika dua massa yang bersebarangan dibiarkan melakukan aksi terus-menerus maka tidak akan ada titik temu keduanya. Solusinya adalah, ada di tangan kekuasaan yang membidangi persoalan yang memicu perbedaan kepentingan.

Menteri dalam negeri yang memiliki wewenang untuk menandatangani  SK pelantikan, sudah menjalankan tugas dengan baik dan sempurna. Sikap profesionalisme itu seyogyanya diikuti oleh institusi lain yang menjadi objek tuntutan massa kontra.

Kejari dan Polwil, yang hingga saat ini masih menangani kasus yang melibatkan Eep Hidayat dituntut untuk bersikap profesional dan berpegang teguh pada komitmen dan tupokisnya. Dengan demikian, kekecewaan dari massa yang kontra dapat diredam.

Di satu sisi, massa “penentang” Eep Hidayat harus bersikap legawa dengan dilantiknya sebagai Kepala Daerah. Bukankah sikap legawa itu yang diamanatkan dan makna fundamental (substansi) dari negara penganut faham  demokrasi?

Karena bagaimanapun, ada ribuan masyarakat Subang yang mempercayai dan masih yakin terhadap kepemimpinan Eep Hidayat. Ini dibuktikan dengan sejumlah prestasi yang ditorehkan Eep pada periode sebelumnya.

Dengan begitu, apapun hasilnya, bagaimanapun caranya, terpilihnya Eep-Ojang sebagai pemenang dan menyisihkan lima rival lainnya adalah kenyataan yang harus diterima oleh masyarakat Subang.

Kendati begitu, sang juara tidak lantas mengambil kebijakan nonpopulis, dengan membuat kebijakan yang tidak berpihak kepada rakyat secara refresentatif (menyeluruh).

Karena harus disadari, sejak sumpah jabatan itu dilafalkan, maka secara legal kepemipinannya bukan lagi sebagai pemimpin untuk kelompoknya atau hanya bagi mereka yang telah memilihnya saja. Melainkan pemimpin bagi  1,5 juta rakyat Subang.

Tentu yang diharapkan oleh 1,5 juta rakyat Subang adalah sosok pemimpin yang mau membangunkan yang tidur, menyembuhkan yang luka, mencairkan yang beku, mengikat yang terlepas, mencerahkan yang buram, mempertemukan yang terpisah, menjembatani yang curam, meneduhkan yang terikat, menghangatkan yang kuyub, mencerdaskan yang pandir, menjernihkan yang keruh, melipur yang lara, mengingatkan yang lupa, membangunkan yang tidur, menyembuhkan yang luka…

Duh,  betapa bahagianya jika punya pemimpin yang tulus bekerja untuk rakyatnya, Menjadi nafas bagi perjalanan yang terjal, berkelok dan berliku…

Selamat Datang Pemimpin Baru…

Selamat Berkarya, Rakyat Menunggu “Tangan Tuhanmu”….

  1. 27 Desember 2008 pukul 07:38

    yap, kompetisi udah selesai. secara konstitusi eep- ojang udah jadi pemimpin subang. Sekarang kita sama2 membangun subang sesuai profesi masing2, dimulai dari lingkungan masing2. Biarlah proses hukum terus berjalan. Yang berada di jajaran pemerintah, silahkan buat program sebaik2nya. Yang ada diluar, tetaplah kritis untuk mengontrol.
    Bravo Subang…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: