Beranda > berita > Tips Membangun Komunikasi Dengan Keluarga

Tips Membangun Komunikasi Dengan Keluarga

Komunikasi di dalam keluarga bisa berlangsung setiap saat, di mana saja, kapan saja, oleh siapa saja dan dengan siapa saja. Bukan hanya komunikasi keluarga,  setiap individu juga berinteraksi dengan masyarakat sekitar.

Semakin bertambah umur, semakin luas pula hubungan yang dapat dijangkau individu. Hubungan sangat penting dalam rangka pembinaan kepribadian dan pengembangan bakat seseorang, terutama anak. Bakat memerlukan dorongan, pendidikan, pengajaran, serta latihan dan kesemuanya itu membutuhkan hubungan baik dari semua pihak.

Kata staff pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Dr Ismed Yusuf SpKJ(K), komunikasi di dalam keluarga didasarkan atas tanggung jawab mendidik anak sehingga komunikasi yang terjalin berbobot nilai-nilai pendidikan.

Dari komunikasi yang ingin diwariskan terdapat pendidikan norma agama, norma akhlak, norma sosial, norma etika, dan norma moral. Sebagai contoh, komunikasi kehidupan keluarga dapat berlangsung dari berbicara, berdialog, dan bertukar pikiran. Akibatnya kerawanan hubungan antara anggota keluarga pun sukar untuk dihindari.

Komunikasi antara suami dan istri, komunikasi antara ayah dan ibu,ayah dan anak perlu dibangun secara harmonis dalam rangka membangun pendidikan baik dalam keluarga. Selain itu, setiap anggota keluarga memainkan peran tertentu. Ibu yang baik, adalah ibu yang seperti artis, di mana ia mampu memainkan berbagai peran dalam keluarga.

Dengan menyelaraskan, menyerasikan,dan menyeimbangkan pola pikir masingmasing personel dalam keluarga dapat mengurangi ketidakcocokan sehingga masalah dalam keluarga dapat diminimalkan.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: