Beranda > berita > Hidayat Nurwahid Digugat Komnas Pilkada

Hidayat Nurwahid Digugat Komnas Pilkada

Komisi Nasional Pilkada Independen berencana menggugat Ketua MPR Hidayat Nurwahid karena dinilai tidak menggubris surat yang diajukan, tentang amandemen Pasal 6a ayat 2 UUD 1945 yang isinya mengarah pada ketetapan, hanya partai politik yang dapat mengajukan calon presiden.

Seperti diketahui, isi pada Pasal 6a Ayat 2 UUD 1945 menyatakan hanya partai politik atau gabungan partai politik yang dapat mengajukan capres, meskipun dalam kenyataannya UUD 1945 tidak melarang pencalonan dari unsur perseorangan.

“Ini tentunya akan berdampak pada tertundanya pilpres hingga 2010. Tanggal 10 Januari (hari ini), sudah 120 hari surat kita masuk dan tidak dijawab oleh ketua MPR. Maka kami akan menggugat ke PTUN,” ujar Ketua DPP Komnas Pilkada Independen Yislam Alwani, di Restoran Phinisi, Jalan Gunawarman Jakarta Selatan, Sabtu (10/1/2009).Yislam berpandangan, isi pasal 6a ayat 2 tidak berpihak pada kepentingan rakyat, tapi kepentingan parpol. “Di mana setiap parpol memiliki kepentingan. Dan parpol merasa rugi jika itu diamandemen,” tegasnya.

Selain itu, Komnas Pilkada Independen juga menyampaikan bukti keberhasilan calon independen di beberapa kabupaten berdasarkan putusan MK No 5/PUU-V/2007.

Ada lima pasangan calon independen yang berhasil di pilkada kabupaten. Yakni Kabupetan Rote Endao NTT, Kabupaten Garut Jawa Barat, Kabupaten Kubu Raya Kalimantan barat, Kabupaten Batu Bara, Sumatra utaara, dan Kabupaten Solok, Sumatra Barat.

Sikap tidak populis mantan Presiden PKS ini adalah yang kedua kalinya. Seeumnya, dia pernah mengusulkan fatwa haram untuk Golput. Duh…

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: