Beranda > berita > Lowongan Kerja Terbaru 2009 di Jabar

Lowongan Kerja Terbaru 2009 di Jabar

Angka lowongan kerja 2009 yang dilansir Wagub Jabar Dede Yusuf mencapai 484.280, diragukan keabsahannya oleh kalangan dunia usaha. Selain besarannya dinilai kurang logis, fakta di lapangan masalah penyediaan lowongan kerja sebenarnya jauh dari kondisi optimis.

“Kalau benar di 2009 bisa membuka hampir setengah juta lowongan kerja, tahun-tahun sebelumnya dengan kondisi perekenomian lebih baik tentu angka lowongan kerjanya lebih besar. Artinya pengangguran tentunya bukan masalah lagi bagi Jabar. Tapi kenyataanya kan tidak,” ujar Wakil Ketua Umum Kadin Jabar Bidang Ketenagakerjaan, Jasa Pendidikan, dan Pelatihan, Tb. Basit Subbahi, Minggu (18/1).

Dikatakan, penyebutan angka lowongan kerja sebesar itu dikhawatirkan akan menimbulkan dampak negatif karena seolah-olah tidak ada permasalahan dengan upaya pembukaan lapangan pekerjaan di Jabar. Dengan demikian, upaya mendorong sektor riil dalam menyediakan lapangan pekerjaan malah melemah.

Padahal kenyataannya, dengan menghadapi krisis global dan belum kuatnya fundamen ekonomi Jabar, pengangguran masih merupakan masalah besar. Pasalnya dunia usaha yang menjadi penyerap tenaga kerja, besar kemungkinan menghadapi pertumbuhan negatif.

“Kriteria yang disebutkan lowongan kerja juga harus disepakati dulu. Misalnya, kalau projek-projek yang hanya menyediakan kerja untuk satu bulan, apakah ini disebut juga sebagai pekerjaan. Jika rujukannya pada pengentasan pengangguran, tentunya ini tidak termasuk. Karena hanya semacam safety net saja, bukan untuk mengurangi pengangguran,” katanya. (”PR” Jumat, 16/1),

  1. Yep
    10 Februari 2009 pukul 06:24

    Termasuk PRT maksudnya Mas….belum semua RT ada PRT-nya, jadi merupkan potensi…….:)

  2. RCO
    10 Februari 2009 pukul 11:26

    Pekerjaan sebetulnya banyak, Bang, masalahnya yang mau beri gaji itu lho yang ndak ada.
    Contonya: bersih-bersih rumput di jalan …… dsb…. dsb…..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: