Beranda > ngecuprus > Matikan Televisi!!!

Matikan Televisi!!!

televisi

Sudah setengah bulan ini, saya gak lagi nonton tv kesayanganku, berita dan reality show termehek-mehek yang nyaris tak terlewati, terpaksa betul-betul lolos. Jaringan televise kabel (indovision) udah dua minggu lebih diputus sementara, karena belum dibayar…

Gelap, buta, dan dodol, sehari tanpa tayangan televise. Tapi jangan salah ternyata ada hikmahnya juga. Terakhir ini, atau memasuki tahun 2000, acara televise cukup berhasil sebagai media propaganda merubah prilaku remaja, dan kita.

Banyak acara yang disuguhkan tekevisi, kerap direalisaiskan oleh remaja di kebiasan sehari-hari. Alasanya nge-trend, modern, gaul dan gak ndeso. Wajar saja lah, usia mereka kan usia mencari jati diri, jadi apapun yang diyakininya bagus (belum tentu benar) pasti diikutinya.

Tepat juga kata Mc Luhan, medium is message, media adalah pesan itu sendiri. Karena bagaimanapun media telah memberondong imaji melalui serangkaian pesan dengan berbagai nilai-nilai budaya terhadap pemirsa. Dalam kondisi labil remaja yang sedang mencari jati diri, keberadaan media dan sinetron remaja kerap menjadi guru utama dibandingkan guru sesungguhnya.

Gaya hidup, cara berpakaian, dan pergaulan, berusaha menselarasakan dengan apa yang dilihat dan berusaha menyamai seseorang yang ada di layer televise itu. Salah memberi penyuguhan, maka akan sekian juta remaja akan bersikpa salah.

Kondisi begini, maka gak ada salahnya, pada jam-jam tertentu kita lakukan MATIKAN TELEVISI!!! Apalagi jika tayangan televise itu hanya sekedra menjadi tontonan bukan tuntunan…

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: