Beranda > ngecuprus > Jejak Abdul Hadi Djamal

Jejak Abdul Hadi Djamal

korupsiLama tak terdengar gebrakannya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menangkap tangan seorang anggota DPR dari Fraksi PAN.Kerja keras tim KPK tentu patut diapresiasi.

Apalagi, Abdul Hadi Djamal adalah anggota DPR kesembilan yang diproses oleh KPK terkait dugaan korupsi. Seperti diketahui, Abdul Hadi ditangkap atas dugaan menerima uang dari komisaris PT Kurnia Jaya Wira Bakti. Sebagai alat bukti,KPK menyita uang senilai USD90.000 dan Rp54,5 juta.

Lucunya, transaksi terjadi justru ketika masyarakat sama sekali belum melupakan Deklarasi Antikorupsi sejumlah pimpinan partai politik (parpol) di KPK (25/2). Janji dan pernyataan yang dibacakan pimpinan partai politik itu terdengar sangat meyakinkan, seolah benar mereka tidak akan berkorupsi.

Tapi, kenyataan bicara sebaliknya. Tentu saja hal ini akan dilihat secara sinis oleh publik sehingga dalil bahwa deklarasi antikorupsi hanya bersifat seremonial terbukti. Toh, akhirnya satu orang anggota DPR tertangkap lagi dan sejumlah nama anggota DPR lain sempat dikaitkan dengan kasus ini.

Dikaitkan dengan Deklarasi Antikorupsi sejumlah parpol di KPK, argumentasi korupsi politik inilah yang menjadi dasar bahwa deklarasi yang bersifat seremoni tidak akan banyak membantu pemberantasan korupsi di sektor parlemen, legislatif, dan parpol. Karena sektor ini punya karakter tersendiri yang tidak hanya dapat ”diobati” dengan resep tradisional atau konvensional seperti yang sekarang diterapkan.

Dalam istilah berbeda, korupsi jenis ini agaknya dapat dibaca dengan term state capture. Itu kurang lebih berarti, korupsi yang berakibat pembajakan fungsi negara sebagai pelayan masyarakat, penjaga kepastian hukum,dan segala tugas lain yang diberikan undang-undang. Jika ingin mengobati, pertanyaan pertama yang harus dijawab adalah, ”Di mana akar korupsi tersebut?” Mungkin salah satunya terletak pada pengaturan, transparansi dan akuntabilitas dana kampanye.

Hemm belom kapok pilih calon wakil macem begitu????

  1. 8 Maret 2009 pukul 05:45

    aku malah posting tentang blognya yang dapat hujatan

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: