Beranda > ngecuprus > Jejak Telanjang Manusia Bodoh

Jejak Telanjang Manusia Bodoh

Tidak seperti khutbah Jum’at sebelumnya, pada jum’at kali ini aku dibikin diam seribu bahasa sama bang khotib. Seperti tahu apa dan siapa saya, khotib menguraikan dengan rinci dan detail tentang ancaman bagi orang yang meninggalkan sholat.

Karena merasa, posisi duduk aku yang dapat bagian shof ke enam jadi gak nyaman. Apalagi wajah khotib sesekali lihat ke depan, duh saking geernya, aku semakin tidak enak diri.

Hemm bukan soal Geer atau gak nyaman duduk, sumpah, isi khutbah pak khotib itu bikin aku sadar, betapa banyak dan seringnya panggilan sholat itu aku abaikan. Dan setiap kali khotib mendikte satu persatu ancaman bagi si peninggal sholat, detak hati semakin kencang….

Bukan mengajak kawans untuk meningkatkan sholat, tapi sekedar sharring aja, karena masalah ubudiyah tidak akan berhasil jika tidak keluar dari eksadaran diri. Di bawah ini, ada beberapa point yang sempet terekam di otak saya.

Orang yang meninggalkan sholat tidak berhak memperoleh rahmat Allah. Tempatnya kelak di dasar neraka bersama orang-orang munafik, siksanya akan dilipatgandakan, dan di hari kiamat ketika dipanggil untuk diadili akan datang dengan tangan terikat di lehernya.

Para malaikat memukulinya, pintu neraka jahanam akan dibukakan baginya, dan ia melesat bagai anak panah ke dalamnya, terjun dengan kepala terlebih dulu, menukik ke tempat Qorun dan Haman di dasar neraka.

Ketika ia menyuapkan makanan ke dalam mulutnya, makanan itu berkata, “Wahai musuh Allah, semoga Allah melaknatmu, kamu memakan rezeki Allah namun tidak menunaikan kewajiban-kewajiban dari-Nya.’ Ketahuilah, sesungguhnya bencana yang paling dahsyat, perbuatan yang paling buruk, dan aib yang paling nista adalah kurangnya perhatian terhadap sholat lima waktu, sholat Jumat, dan sholat berjemaah. Padahal, semua itu ibadah-ibadah yang oleh Allah SWT ditinggikan derajatnya, dan dihapuskan dosa-dosa maksiat bagi siapa saja yang menjalankannya”.

Sedangkan siksaan yang didapat dalam kubur ialah, kubur mengimpitnya hingga tulang-belulangnya berantakan, kuburnya dibakar hingga sepanjang siang dan malam tubuhnya berkelojotan menahan panas, tubuhnya diserahkan kepada seekor ular bernama Asy-Syujaul Aqra.

Kedua mata ular itu berupa api dan kukunya berupa besi, kukunya sepanjang satu hari perjalanan. ”Aku diperintahkan oleh Allah SWT untuk menyiksamu, karena engkau mengundurkan sholat Subuh hingga terbit matahari, mengundurkan sholat Zuhur hingga Asar, mengundurkan sholat Asar hingga Magrib, mengundurkan sholat Magrib hingga Isya, dan mengundurkan sholat Isya hingga Subuh,” kata ular itu.

Setiap kali ular itu memukul, tubuh mayat tersebut melesak 70 hasta, sekitar 3.000 meter, ke dalam bumi. Ia disiksa dalam kubur hingga hari kiamat

Adapun siksaan yang dilakukan ketika bertemu dengan Allah SWT adalah, ketika langit terbelah, malaikat menemuinya, membawa rantai sepanjang 70 hasta untuk mengikat lehernya. Kemudian memasukkan rantai itu ke dalam mulut dan mengeluarkannya dari duburnya. Kadang kala ia mengeluarkannya dari bagian depan atau belakang tubuhnya. Malaikat itu berkata,

”Inilah balasan bagi orang yang mengabaikan kewajiban-kewajiban yang telah ditetapkan Allah.” Ibnu Abas berkata, ”Andai kata satu mata rantai itu jatuh ke dunia, niscaya cukup untuk membakarnya.”

Kata terakhir khotib yang masih terngiang di telinga saya, meninggalkan sholat berarti melawan Allah, dan melawan Allah berati menantang murka dan siksa-Nya.

Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku. (QS:Ibrahim:40)

Kategori:ngecuprus
  1. subhan
    3 April 2009 pukul 10:45

    astaghfirullah…..

  2. 4 April 2009 pukul 01:49

    semua kebaikan kita ga ada artinya jika kita gagal di pertanyaan pertama waktu di hisab nanti. pertanyaan itu adalah “bagaimana sholatmu?”

  3. 4 April 2009 pukul 01:55

    semoga kita semua digolongkan kedalam golongan kanan. yang menerima catatan amal kebaikan kita dengan tangan kanan kita.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: